Search This Blog

Sunday, April 1, 2012

Bahasa Kopi

Tau dong temennya cake atau cookies itu apa .... hmm... benar... Kopi! Eh tapi tau ga kalo kopi itu ada bahasanya sendiri lho ... mau tau? cekidot deh ^_^



Bahasa Kopi

Acidity

“Acidity” digunakan untuk melambangkan rasa kopi yang nikmat, gurih, dan tajam.

Aroma

Ketika air panas menyeduh kopi, “aroma” kopi pun lepas ke udara. Aroma kopi bisa dideskripsikan sebagai ‘lembut’, ‘menyenangkan’, ‘kuat’, ‘kaya’, ‘harum’, ‘kompleks’.

Body

Para ahli kopi mendeskripsikan pengalaman lumernya kopi dalam mulut sebagai “body”, Kopi yang dikatakan ‘full body’ memiliki tekstur kaya dan berat di lidah, dengan cita rasa yang mengesankan. ‘Body’ yang kurang berkesan cenderung tipis dan berair tekstur kopinya.

Crema

“Crema” adalah lapisan keemasan di atas secangkir Espresso. Crema diproduksi dari minyak yang ada di dalam biji untuk menjaga kelestarian aroma dan cita rasa kelezatan kopi.

Flavour

“Flavour adalah kombinasi unik dari aroma dan rasa kopi yang dipengaruhi oleh di mana dan bagaimana biji kopi bertumbuh. ‘Flavour’ kopi bisa digambarkan sebagai ‘penuh semangat’, ‘rasa karamel’, ‘murni’, ‘pedas’, ‘seperti rasa buah’.

Fragrance

“Fragrance” kopi adalah kesegaran dan kualitas rasa yang dilepaskan ke udara saat kopi dipanaskan dan dimasak.

Fakta-fakta Menarik tentang Kopi

- Kopi ternyata bukan biji tapi semacam cherry (buah)
- Komoditas terbesar kedua di perdagangan dunia adalah kopi
- Lebih dari 500 juta cangkir kopi disajikan setiap hari di seluruh dunia
- Di sebagian Afrika, biji kopi mentah dicampur ke dalam air dan rempah-rempah, lalu dikunyah seperti permen
- Di Italia, Cappuccino dinamakan demikian karena kemiripan warnanya dengan jubah yang digunakan orang-orang suci Capuchi (Gereja Katolik Roma).

No comments:

Post a Comment